Prinsip Dasar Asuransi Sudah Ada Sejak Zaman Nabi

Hai Prudential Lovers,  saat ini saya ingin berbagi info  asuransi yang ternyata sudah ada pada zaman Nabi. Contohnya mungkin bisa dibaca dari Kisah Nabi Yusuf As

“Prinsip Dasar Asuransi adalah Mempersiapkan kepastian ( Meninggal, Sakit, Kecelakaan ) yang tidak pasti kapan akan terjadi”

“Persiapkan Masa Tuamu dari saat masih PRODUKTIF & SEHAT”

Sejatinya, ilmu perencanaan keuangan sudah dipraktekkan puluhan ribu tahun silam. Di antara bukti sejarahnya, kisah Nabi Yusuf AS yang membuat dan mempraktekkan strategi menghadapi masa paceklik.
Al-Quran mencatat kisah Yusuf menerjemahkan mimpi Raja Mesir. Dalam tidurnya, sang raja melihat 7 ekor sapi gemuk yang digantikan 7 ekor sapi kurus serta gandum berisi digantikan gandum kering.

Banyak orang yang telah diminta pendapat mengenai arti mimpi tersebut. Tapi hanya Yusuf yang bisa memberi tahu maknanya. Katanya seperti tersirat dalam sejarah, akan datang 7 tahun masa panen, yang kemudian diikuti 7 tahun masa paceklik. Setelah itu, masa subur Mesir akan kembali.

Seperti kita tahu, sejak zaman dahulu kala, pertanian Mesir sangat bergantung pada Sungai Nil. Jika sungai mengalirkan airnya dengan baik, wilayah Mesir subur dan hasil panennya melimpah. Tapi, bukan tidak mungkin Sungai Nil mengering atau bahkan meluap.

Usai memaknai mimpi, Nabi Yusuf As melanjutkan nasihatnya pada sang raja. “Hendaklah engkau bertanam 7 tahun lamanya sebagaimana biasa. Maka apa yang engkau tuai hendaknya kau biarkan di bulirnya, kecuali sedikit untuk engkau makan.” [Surah Yusuf ayat 47]

Selain membuat prakiraan kondisi di masa depan, Yusuf juga memberikan solusinya. Mengingat 7 tahun masa panen diikuti 7 tahun masa paceklik, hendaknya kita menyimpan hasil panen tetap dalam bulirnya sebagai cadangan saat paceklik tiba.

Sejarah membuktikan, walaupun menghadapi masa paceklik, rakyat Mesir tetap Makmur lantaran ada yang disimpan dari hasil panen sebelumnya. Sampai rakyat dari negeri tetangga yang kelaparan pun meminta bantuan mereka.

Dari Kisah Nabi Yusuf As  diatas bisa dilihat bahwa ajaran dari jaman terdahulu juga sudah ada tentang PERENCANAAN KEUANGAN ( yang termasuk dalam asuransi pensiun / pendidikan ).

Dan pertanyaanya, Apakah bisa dijaman sekarang kita menafsir mimpi baru kemudian mempersiapkannya untuk yang akan terjadi kedepannya ? :), Sedangkan tanpa menafsirkan pun kita sudah paham bahwa biaya hidup, pendidikan dll setiap tahun meningkat tajam.

Yuk,, Siapkan dari sekarang untuk segala kemungkinan yang terjadi di Masa datang, Jadikan hal ini sebagai tindakan DISIPLIN untuk kebaikan masa depan. ^_^

saduran dari yahoo.co.id (Perencanaan Keuangan ala Nabi Yusuf)

Salam Hangat

Nurilah Ridawaty ( Nurie )

Nurie_me@yahoo.co.id

PIN BB : 277DF112

085247609712

Budayakan Komentar Yang Baik, Dan Terimakasih Sudah Membaca Blog ini ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s